Terapi Jus Apel Atasi Batu Empedu


Jika setelah makan berlemak, Anda mengalami gejala sakit pada perut sebelah kanan diikuti kolik hebat, berkeringat, terasa mual dan muntah, panas dingin, sendawa yang tidak lazim. Hati-hati, Anda bisa terserang penyakit batu empedu.


Terbentuknya Batu pada Empedu

batu empeduKantong empedu terletak di sebelah kanan, agak ke bawah. Tertutupi oleh organ hati. Organ ini sebenarnya berfungsi sebagai tempat penampungan cairan empedu yang dihasilkan oleh hati. Cairan tersebut berfungsi menyerap lemak dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, D, E dan K.
Cairan empedu tersebut mengandung sebagian besar kolesterol dan beberapa jenis garam kalsium. Namun karena sesuatu dan lain hal antara lain perubahan kimiawi, cairan ini dapat menjadi jenuh dan mengendap menghasilkan batu pada empedu yang dinamakan kolelitiasis.

Bahkan ada kalanya juga terjadi pembentukan batu empedu pada saluran empedu ke usus yang dinamakan koledokolitiasis.Sumbatan pada saluran empedu bahkan dapat menimbulkan infeksi yang hebat. Gejala yang ditumbulkannya bisa berupa demam tinggi pada penderita.

Umum Menyerang Wanita

Penyakit batu empedu umum menyerang wanita dewasa. Faktor kegemukan, keturunan dan diet tinggi lemak memperbesar resiko penyakit ini menyerang.
Gejala serangannya yang hampir menyerupai sakit maag dapat mengecoh penderita. Tanpa mengetahui, penderita umumnya mencoba mengatasinya dengan minum obat sakit maag.
Kepastian penyakit batu empedu biasanya diperoleh dengan bantuan usg. Dengan USG dapat diperoleh citra adanya penyumbatan pada kantong empedu dan salurannya.

Jika serangan datang hanya berupa serangan ringan dan tidak menerus, biasanya perubahan pola makan dapat memperbaiki kinerja kantong empedu. Perubahan pola makan di sini artinya mengurangi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi yang memperberat kerja empedu.

Terapi Jus Apel

JUS APELJika cara ini tidak dapat mengatasi sakit, pasien dapat mencoba terapi apel untuk membantu pengeluaran batu empedu. Caranya buat segelas jus apel. Minum jus apel ini 4 kali sehari selama 5 hari berturut-turut.

Pada hari ke 6 pasien berpuasa.   Setelah itu pasien diberi minum air putih ditambah 30 gram garam inggris. Dua jam kemudian diberi ½ gelas air lemon ditambah ½ gelas minyak zaitun.

Jika cara ini tidak berhasil, kemungkinan harus dilakukan pengangkatan kantong empedu. Dahulu operasi ini tergolong operasi besar karena menghasilkan luka yang cukup besar pada permukaan kulit pasien. Saat ini dengan teknik laparoskopi, pengangkatan kantong empedu hanya sayatan kecil.

 SARAN TAMBAHAN:

Penderita batu empedu pada umumnya gejalanya mirip penyakit gangguan hati, terutama lidah terasa pahit dan pada tepi pemukaan lidah bergerigi dan terdapat bercak-bercak kebiruan/ ungu. Untuk itu, selain merutinkan jus apel untuk meluruhkan batu empedu, juga sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah berasa manis. Antara lain: Manggis, Klengkeng, Sawo, Papaya, Rambutan.

buah manggis kelengkeng

Tinggalkan Balasan ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s