Cara Atasi Demam Dengan Madu Bee Pollen


cara atasi demam

Cara Atasi Demam dengan Madu Bee Polen

Mengetahui Sifat Demam

Demam adalah suatu bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi. Kebanyakan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia hidup subur pada suhu 37 derajat C. Meningkatnya suhu tubuh beberapa derajat dapat membantu tubuh melawan infeksi. Demam akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk membuat lebih banyak sel darah putih, membuat lebih banyak antibodi dan membuat lebih banyak zat-zat lain untuk melawan infeksi.

Demam bukan suatu penyakit. Jauh dari sebagai musuh, demam adalah suatu bagian penting dari pertahanan tubuh kita melawan infeksi. Banyak bayi dan anak-anak menjadi demam tinggi oleh penyakit-penyakit virus ringan. Jadi demam memberitahukan kepada kita bahwa suatu peperangan mungkin sedang terjadi di dalam tubuh kita, demam berperang untuk kita, bukan untuk melawan tubuh kita.

Dr.Aditya Suryansyah,SpA dari RSIA Buah Hati Ciputat, mengatakan, “Demam bisa berperan sebagai sinyal tubuh atau tanda untuk merangsang organ lain memacu mempertahankan keseimbangan organnya dan juga merupakan bagian respon fase akut terhadap rangangan infeksi, luka atau trauma.

“Demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi atau masuknya zat asing ke dalam tubuh. Demam bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Dengan adanya demam, tubuh diberi sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh.”

Fever Phobia

Banyak orangtua takut bahwa demam akan menyebabkan kerusakan otak. Kerusakan otak dari demam umumnya tidak akan terjadi kecuali demam melebihi 42 derajat Celcius.

Kebanyakan orangtua juga takut bahwa demam yang tidak diobati akan semakin tinggi dan semakin tinggi. Demam yang tidak diobati yang disebabkan oleh infeksi jarang yang melebihi 40,6 derajat C kecuali anak tersebut diberikan pakaian yang berlebihan atau terjebak dalam suatu tempat yang panas. Thermostat di otak akan menghentikan demam agartidak melebihi 41,1 derajat C.

Beberapa orangtua takut bahwa demam akan menyebabkan kejang. Bagi kebanyakan anak-anak, demam tidak menyebabkan kejang. Tetapi kejang demam memang dapat terjadi pada beberapa anak. Sekali seorang anak diketahui pernah menderita kejang demam sederhana maka kita harus mencegah agar anak tersebut jangan sampai demam tinggi. Pada umumnya kejang demam sederhana hanya berlangsung singkat tanpa efek jangka panjang.

Meskipun infeksi adalah penyebab umum dari demam, akan tetapi demam mempunyai daftar penyebab lain yang cukup panjang, termasuk racun, kanker, dan penyakit-penyakit autoimun.

Mengenal Khasiat Madu Bee Pollen

Bee Pollen : adalah makanan utama lebah pekerja dan larvanya. Dikenal dengan nama roti lebah. Mengandung madu dan pollen (serbuk sari bunga) yang dikumpulkan oleh lebah pekerja.

Pada saat hinggap di bunga, lebah tidak hanya mengumpulkan nektar (bakal madu), tetapi juga pollen (serbuk sari) bunga tersebut. Pollen dan nektar, bersama dengan liur lebah yang mengandung enzim, disimpan di kantong pollen yang terdapat di kedua kaki belakangnya.

Bee pollen tercatat memiliki sifat detoksifikan, antivirus, antibakteri, anti-alergi, antiradang, dan antimutagenik.

Bee pollen sangat bermanfaat bagi manusia karena mengandung:

  • Semua asam amino esensial.
  • Vitamin dengan spektrum lengkap, terutama vitamin B12 dan E. Juga vitamin B1, B2, B3, B5, C, dan vitamin D dengan jumlah yang signifikan.
  • Sejumlah mineral penting, termasuk kalsium, mangan, fosfor, zat besi, sodium, potassium/kalium, aluminium, magnesium, dan tembaga. Karena kandungan Kalium yang tinggi, maka khusus bagi penderita gagal ginjal tidak disarankan meminumnya dalam jumlah yang banyak cukup 1 sendok makan sehari.
  • Anti-oksidan, enzim, dan co-enzim yang penting bagi manusia.
  • Pemicu hormon yang menstimulasi produksi hormon dan anti penuaan.
  • Karbohidrat dan asam lemak

Beberapa hasil penelitian ahli akan bee pollen :

  • Steve Schecter, dokter naturopati Amerika, menyatakan bee pollen dapat mengurangi efek tidak nyaman bagi penderita kanker pada saat menjalani terapi radiasi.
  • The American Apitherapy Society membuktikan kalau bee pollen dapat memberikan energi ekstra kepada atlet Olimpiade. Bahkan mereka tidak merasa kelelahan di keesokan harinya.
  • Robert Dellperee dari The Royal Society of Naturalist of Belgium and France, dalam makalah berjudul The Secrets of the Life of Bees, menyatakan bahwa bee pollen mengandung seluruh komponen yang sangat penting bagi kehidupan. Kadar kandungan gizinya memberikan khasiat menyegarkan dan meremajakan sel lebih tinggi daripada ragi dan bibit gandum. Bee pollen memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan karena kekurangan atau ketidakseimbangan zat gizi.
  • R. Chauvin dalam makalahnya On the Physiological and Theraupetic Effects of Various Pollen Extract menyimpulkan: kalau pollen yang dikumpulkan lebah kaya akan protein, asam amino, vitamin, termasuk vitamin B kompleks, dan asam folat. Bee pollen bermanfaat untuk usus/sistem pencernaan, memperbaiki kadar haemoglobin darah, dan meningkatkan kekuatan mereka yang sedang dalam tahap penyembuhan dan sudah lanjut usia.
  • Allain Callais, Ph.D dari Academy of Agriculture, Paris, Prancis mengatakan bee pollen merupakan makanan lengkap serta banyak kandungannya tidak dimiliki oleh produk-produk yang berasal dari hewan. Dengan berat yang sama, bee pollen memiliki kandungan asam amino yang lebih banyak dibanding daging sapi, telur, atau keju. Bee pollen merupakan konsentrat dari seluruh elemen yang dibutuhkan untuk hidup.
  • Dr. Paavo Airola, ahli gizi terkenal Amerika sekaligus ahli pengobatan secara biologis dan kesehatan holistik menyatakan bahwa pollen merupakan makanan yang paling lengkap dan paling kaya di alam. Pollen meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stress dan penyakit, mempercepat proses penyembuhan pada sebagian besar kondisi sakit, serta memiliki sifat peremajaan dan memperlambat proses penuaan.
  • Mme. Aschenasy Leru, Kepala Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis membandingkan asam-asam amino dari bee pollen dengan yang berasal dari hewan, kemudian menyimpulkan bahwa bee pollen unggul dalam segala hal. Bee pollen mengandung 40% – 80% asam glutamat bebas yang dapat melindungi dari penyumbatan darah di otak, berhasil mengatas kecanduan alkohol, meningkatkan IQ (termasuk pada anak yang terbelakang), meningkatkan energi otak secara menyeluruh, serta meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan belajar.

Tips Jitu Demam Dengan Madu

. Penderita demam diupayakan tidak dibungkus dengan selimut atau baju yang              berlebihan. Lingkungan sebaiknya sejuk dan nyaman dan hindari dari terpaan angin langsung.

. Ukur suhu tubuh penderita atau pegang daerah lehernya. Jika mulai hangat, segera berikan minuman Madu Bee Pollen. Jangan menunggu suhu tubuh menjadi panas.

 Dosis :

Resep ini Alhamdulilah sudah dilakukan uji klinis bertahun-tahun dengan hasil yang luar biasa bagus. Madu yang digunakan hanya Madu Pure Honey Bee Pollen . Keistimewaannya, adalah madu ini sudah dikurangi kadar asamnya, sehingga aman untuk balita baru lahir sekalipun.

Anak-anak atau dewasa :

  1. Jika tubuh mulai hangat : tuangkan air hangat 150 cc ke dalam cangkir. Masukkan 1 sampai 2 sendok makan Madu Bee Pollen (jangan terbalik, madu lebih dulu yang dituang ke dalam gelas).  Minumkan tiap 4 jam sekali, saat perut kosong atau sebelum makan. Tunggu reaksi tubuh penderita. Terkadang suhu tubuh meningkat, ini menunjukkan kuman didalam tubuh bekerja sangat cepat. Maka pemberian bisa ditingkatkan menjadi 2 jam sekali.
  2. Jika tubuh sudah panas/demam :  tuangkan air hangat 150 cc ke dalam cangkir. Masukkan 1 sampai 2 sdm Madu Bee Pollen. Minumkan tiap 2 jam sekali. Jika suhu tubuh terus meningkat, maka pemberian bisa tiap 1 jam sekali. Jika suhu tubuh sudah mulai turun, maka pemberian bisa dikurangi menjadi 2 jam sekali atau 4 jam sekali. Sampai akhirnya cukup 3x sehari. Dan 1 x sehari dipagi hari saat bangun tidur untuk menjaga stamina tubuh sehari-hari.
  3. Saat demam, tetap diberikan cairan air putih yang cukup, supaya tidak terjadi dehidrasi.
  4. Hindari pemberian makanan terlalu kasar yang sulit dicerna. Bubur atau nasi tim adalah yang terbaik
  5. Tetap konsumsi buah dan sayur. Buah dari jenis: pisang, alpukat, manggis, semangka, melon. Sayur dari jenis yang tidak berserat kasar kecuali bayam, kacang polong dan buncis.

Catatan : bagi yang baru memulai konsumsi madu, biasanya akan terjadi detoksifikasi, seperti diare atau kulit kemerahan. Tidak perlu khawatir, karena itu pertanda bagus. Teruskan dosis atau kurangi dosis menjadi setengahnya.   

Bayi balita:

  • Pemberian dengan dosis, setengah dosis diatas (pada no 2), yakni: 1/2 sdk teh atau 1 sdk teh Madu Bee Pollen dimasukkan ke dalam cangkir yang berisi air hangat secukupnya  saja kira-kira 50 cc sampai 100 cc. Diberikan berselang seling dengan pemberian parasetamol (jika suhu tubuh sangat tinggi diatas 39 derajat C). Madu bisa juga dari jenis Pure Royal Jelly Honey.

Tips lainnya:

  1. Upayakan orang tua tidak panik dalam menghadapi   kasus demam.
  2. Tetap mengompres dahi, ketiak dan selangkangan anak dengan air biasa.
  3. Selalu ukur suhu tubuh balita Anda tiap 2 atau 4 jam sekali.
  4. Jika terjadi komplikasi dengan diare, air madu hangat dicampur dengan 2 sdm air kunyit. Dosis cukup setiap 4 jam sekali hingga diare berhenti, atau diberikan obat anti diare sesuai dosis dalam kemasan.
  5. Jika terdapat komplikasi, perlu juga pemberian herbal atau obat kimia (sesuai anjuran dokter Anda) yang  terkait   dengan keluhan.

Lihat tulisan lainya: Manfaat Madu Royal Jelly

Ditulis oleh  :   Enny Setyorini, Akupunkturis Klinik Fairuzholistic Depok,       dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s