Diet Pelangi Bagi Penderita Jantung


Salah satu pendekatan nutrisi terbaik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung adalah Terapi Diet Pelangi. Diet Pelangi ini merupakan pola makan yang didasarkan pada penggabungan tujuh warna utama dalam pelangi – merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu – ke dalam makanan anda. Buah dan sayuran dari semua warna padat nutrisi pelawan penyakit.
Tak ada campuran suplemen yang bisa menyamai manfaat yang Anda dapatkan dari mengkonsumsi makanan segar ini. Setelah itu tambahkan protein tanpa lemak (khususnya ikan), serealia utuh kaya serat, polong-polongan (kacang-kacangan), lemak dan minyak yang sehat, serta banyak bumbu dan rempah, dan Anda insya Allah akan bebas dari penyakit.

Apa Keunggulan Diet Pelangi ?

Sebagian keunggulan Diet Pelangi, adalah:
– Sangat kaya akan sayuran
– Banyak buah-buahan
– Mengandung serealia utuh kaya serat dalam jumlah sedang
– Mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang rendah
– Rendah natrium atau garam
– Rendah minyak tak sehat
– Rendah makanan dan minuman yang kaya gula
– Tak mengandung serealia olahan
– Tak mengandung minyak terhidrogenasi dan kemak trans

Prinsip dasar Diet Pelangi ditemukan dalam sekumpulan bukti yang terus bertambah dari sejumlah penelitian di Eropa dan Amerika yang menunjukkan bahwa makanan yang mengandung serealia utuh, buah dan sayuran, serta lemak dan minyak yang sehat, mencegah berkembangnya tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Apa Sifat Diet Pelangi ?

Diet Pelangi adalah pola makan yang memperbanyak pilihan makanan yang sehat bagi Anda seumur hidup Anda. Diet Pelangi menekankan pada pembelajaran cara membedakan sumber protein, karbohidrat dan lemak yang sehat dari yang tidak, dan belajar bagaimana mengonsumsi makanan ini dalam porsi yang masuk akal dan sehat.
Bahan makanan yang dipakai dalam Diet Pelangi benar-benar warna pelangi, tapi tanpa warna putih. Hindari semua “makanan putih”. Yang termasuk makanan putih adalah tepung terigu, roti, mentega, garam, gula, beras putih, pasta putih, dan margarin – makanan olahan yang diproses dan sudah tak mengandung serat serta nutrien. Makanan putih sebagian besar hanya mengandung kalori yang dapat meningkatkan berat badan dan berkadar gula yang relatif tinggi.
Diet Pelangi menekankan pada 100 % makanan segar tanpa pengolahan. Terdiri dari 80% karbohodrat kompleks yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, 20 % protein dan lemak atau berbahan dasar asam amino.

Pedoman Diet Pelangi

Karena tak ada satu pun buah atau sayuran yang bisa mengandung semua bahan yang menyehatkan jantung yang bisa Anda manfaatkan. Maka yang terbaik adalah mengkombinasi beberapa buah dan sayuran setiap harinya dengan setiap warna pelangi.
Merah : Apel merah, bit, paprika merah, ceri, kol merah, kranberry, kismis merah, buah delima, rasberrry, tomat, stroberi, semangka, anggur merah, jambu merah,kacang merah. Tidak termasuk buah melinjo

Jingga : Aprikot, wortel, blewah, ubi, labu kuning, mangga, nektarin, jeruk, pepaya, persik, kesemek, markisa.

Kuning : Labu kuning, pisang, tauge, paprika kuning, kol, kembang kol, akar seledri, jagung, timun, bawang putih, apel emas, jeruk besar kuning, jambu biji, bawang prai, lemon, jamur, wortel manis, pir kuning, kentang, nanas, belimbing, labu musim panas, buncis, lobak cina, kiwi kuning. Tidak termasuk : durian, nangka matang, melinjo kuning

Hijau : Kecambah alfafa, apel hijau, asparagus, alpukat, daun bit, paprika hijau, pok chai, brokoli, kol, seledri, daun bawang, sawi putih dan sawi hijau, anggur hijau, kacang kedelai, kacang panjang, tumbuhan herba semua jenis, jeruk nipis, kapri, peterseli, kiwi hijau, melon, bayam, kacang hijau, slada. Tidak termasuk: daun melinjo, daun singkong, daun pepaya, kangkung, pete, jengkol, pete cina, sukun.
Biru : Bluberi, anggur concord, rumput laut, loganberi
Nila : Beri hitam, ceri hitam, kismis hitam, prem.
Ungu: Manggis, markisa, anggur ungu, prem ungu, kubis ungu.

Alternatif Pengganti Lemak Tinggi

Cara lain yang sederhana mengurangi lemak adalah dengan mengkonsumsi lemak rendah.

                                              

Makanan Sea Food

Lihatlah saran berikut:
Alpukat sebaiknya ganti dengan: Timun, Slada, Jus Jeruk
Daging sapi giling sebaiknya ganti dengan: Daging Sapi Tanpa Lemak
Sosis sebaiknya ganti dengan: Daging ayam tanpa lemak iris tipis
Mentega, margarin sebaiknya ganti dengan: Minyak zaitun,bunga matahari,jagung
Krim sebaiknya ganti dengan: Susu skim terevaporasi
Telur goreng sebaiknya ganti dengan: Telur rebus atau panggang
Hati, jeroan, lemak hewan sebaiknya ganti dengan: Daging rendah lemak, ayam, ikan
Susu kental manis, susu murni sebaiknya ganti dengan: Susu kedelai, susu non fat
Kacang tanah sebaiknya ganti dengan: Cemilan buah atau sayuran
Saus salad sebaiknya ganti dengan: Jus lemon, cuka apel alami
Keju lemak tinggi sebaiknya ganti dengan: Keju rendah lemak, mozarella
Krim asam sebaiknya ganti dengan: Yogurt, krim asam rendah lemak
Biskuit kreker, keripik sebaiknya ganti dengan: Kreker dari beras merah, kedelai & gandum

 

 

Dikutip dari sumber: The Amazing Way to Reserve Heart Disease Naturally
Lihat juga : Suplemen Alami Diet Pelangi.

Tinggalkan Balasan ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s