Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami


Ginjal adalah salah satu organ ekskresi yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari Sistem ekskresi, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari dalam darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.
Pada manusia Ginjal ada dua pasang yang berat masing-masingnya sekitar 150 gram, masing-masing terletak dibagian kanan dan kiri tulang belakang. Sebagai salah satu organ ekskresi, fungsi ginjal sangat penting bagi kehidupan.

Penyakit pada ginjal

Macam-macam penyakit pada ginjal adalah Ginjal Akut, Ginjal Kronik, Batu Ginjal dan Gagal Ginjal. Dari semua penyakit pada ginjal tersebut Gagal Ginjal adalah penyakit yang paling mengerikan, karena sudah terjadi penurunan sebagian fungsinya. Ginjal sudah tidak dapat lagi sebagai penyaring kotoran-kotoran dan zat sisa yang terdapat dalam darah.

.

Cara pencegahan

Untuk menghindarkan kita dari penyakit-penyakit seperti diatas silahkan lakukan tips berikut:

1. Olah raga secara teratur

Olah raga selain baik bagi kesehatan ternyata dapat juga mengurangi resiko penyakit pada ginjal. Olah ragalah secara teratur, walaupun olah raga ringan asalkan teratur akan lebih baik dari pada olah raga berat tetapi tidak teratur.

2. Hindari Obesitas

Obesitas atau kegemukan dapat berakibat pada penyakit ginjal, maka dari itu mulai sekarang carilah berat badan yang ideal, agar terhindar dari penyakit ginjal.

3. Air putih yang cukup

Konsumsilah air putih yang cukup sesuai kebutuhan, tidak berlebihan dan tidak terlalu sedikit. Jumlah air seni yang dibuang oleh tubuh rata-rata dalam sehari 2,5 liter. Berarti  paling tidak kita minum air putih sebanyak 2 liter sehari. Hindari mengkonsumsi minuman ringan berkarbonisasi/bersoda, minuman peningkat energi, minuman beralkohol, Narkotika, Sabu dan yang diharamkan oleh Agama dan negara.

Hindari juga mengkonsumsi obat-obatan kimia (Seperti obat sakit kepala, dll)   terlalu sering kecuali atas resep dokter.

4. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak

Mengkonsumsi makanan berlemak berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan ginjal harus bekerja ekstra keras.

5. Hindari Berlebihan Makan Makanan Berpengawet

Makanan seperti junk food, mie instant, makanan instant , nugget, dan lain-lain, banyak mengandung pengawet sejenis monosodium glutamat (MSG/orang awam menyebutnya micin/ penyedap rasa). Jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jumlah banyak, akan berpengaruh pada kesehatan ginjal.

6. Hindari Makanan Berpurin Tinggi Berlebihan

Makanan berpurin  tinggi jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Makanan tersebut antara lain: kaldu daging dan dagingnya, jeroan, sayuran hijau tua terutama kangkung daun pepaya daun singkong, dan kacang-kacangan, santan. Durian, pete dan jengkol. Peningkatan asam urat dalam darah, menyebabkan ginjal perlu kerja keras untuk membuangnya. Akibatnya fungsi ginjal juga menurun.

7. Cek Kesehatan Ginjal Secara Berkala

Anda dapat mengecek kesehatan fungsi ginjal dan urin dirumah sakit  sekaligus dapat mengecek kesehatan tubuh anda. Lakukan secara berkala. Indikator tanda-tanda adanya penurunan fungsi ginjal antara lain: meningkatnya angka ureum, kretinin dan asam urat. Selain itu terkadang disertai menurunnya secara drastis angkat Haemoglobin dalam darah atau anemia.

Tinggalkan Balasan ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s