Magnesium Cegah Penyakit Jantung & Stroke


Manfaat magnesium bagi jantung

magnesium cegah penyakit jantung dan stroke

Magnesium Cegah Penyakit Jantung dan Stroke

Magnesium adalah salah satu nutrisi paling penting untuk kesehatan jantung. Salah satu tugas utamanya, yakni : membantu semua otot dalam tubuh untuk relaksasi ( di sisi lain, kalsium membantunya berkontraksi). Magnesium bekerja sama dengan kalsium untuk mempertahankan irama jantung tetap normal.

Magnesium memblokir jalur kalisum alami dalam tubuh, sehingga hal ini dapat mencegah kalsium yang tidak diserap tubuh agar tidak mengumpul dalam arteri yang bisa menumpuk, menyumbat arteri, serta meningkatkan resiko serangan jantung. Magnesium juga diperlukan untuk metabolisme kalisum yang sesuai.

buah alpukat

Kacang Almond

Magnesium membuka pembuluh darah dalam jantung, lengan dan tungkai, yang memperbaiki aliran darah ke jantung, meningkatkan kolesterol HDL, yang bermanfaat mencegah trombosit darah menjadi lengket dan mengggumpal. Magnesium juga menjaga agar tekanan darah teratur dan stabil.

bayam ok

pisang

buncis

“Konsumsi makanan yang kaya akan Magnesium berbanding terbalik dengan kaitan risiko stroke, terutama stroke iskemik,” tulis pemimpin penulis studi tersebut Susanna Larsson, profesor di Karolinska Institute di Stockholm, Swedia. Stroke iskemik adalah jenis stroke paling umum yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, seperti akibat penyumbatan pada pembuluh darah.

Peran Magnesium lainnya, yakni : berperan penting sebagai kofaktor berbagai enzim dalam tubuh. Magnesium bertindak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologi dalam tubuh, termasuk reaksi yang berkaitan dengan metabolisme energi, karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukleat. Selain itu Magnesium juga berperan dalam sintesis, degradasi, dan stabilitas bahan gen DNA.

Jenis makanan yang mengandung Magnesium tinggi adalah ikan, kacang almon kering, bayam, alpukat, pisang, kismis dan kacang mede, buncis. Dan jenis sayuran dan kacang-kacangan lebih tinggi kandungan Magnesiumnya dibandingkan dengan buah-buahan.

Magnesium pada buah alpukat

Alpukat merupakan buah yang kandungan gizinya tak kalah dengan buah lainnya. Jangan khawatir dengan lemak yang ada di dalamnya. Sebab lemak itu kebanyakan jenis lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Dalam alpukat terkandung lemak yang sangat tinggi, yaitu berkisar 71-88 % dari kalori totalnya atau sekitar 20 kali dari rata-rata buah lain.Prof. DR. Made A stawan, MS, ahli teknologi pangan dan gizi dari IPB menyebutkan, setidaknya ada 14,66 gr lemak per 100 gr buah alpukat. Lemak tersebut sebagian besar dalam bentuk lemak tak jenuh tunggal (mono unsaturated fatty acids). Kadarnya mencapai 9,8 gr per 100 gr. Kandungan lemak jenuhnya hanya 2,13 gr per 100 gr. Dan juga terdapat lemak tak jenuh ganda sebesar 1,82 gr per 100 gr.

Alpukat mengandung asam oleat, salah satu komponen dalam lemak tak Alpukatjenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain asam lemak tak jenuh, alpukat juga menjadi sumber baik untuk Magnesium, potasium atau kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah. Kandungan potasium dalam alpukat 5 kali lebih tinggi dari pada pisang berukuran sedang. Asupan potasium yang adekuat dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit pembuluh darah, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke. Nutrisi lain yang terdapat pada alpukat adalah folat.

Secangkir alpukat setidaknya memiliki 23% dari kecukupan harian untuk folat, nutrisi yang penting bagi kesehatan jantung dan bagi perempuan yang merencanakan kehamilan. Selain itu, seseorang yang mengkonsumsi makanan kaya folat beresiko lebih rendah terhadap penyakit kardiovaskular atau stroke dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi nutrisi penting ini.Kendati tidak banyak, alpukat cukup mengandung vitamin A dan klorofil. Di dalam lemaknya tersimpan banyak vitamin E. Kombinasi vitamin A, klorofil dan vitamin E sebagai antioksidan terbukti menjaga kulit tampak kenyal dan segar meski telah berumur. Jarang pula terserang kanker. Kandungan Kaliumnya yang tinggi menjadikan alpukat buah pembentuk basa. Dalam teori Food Combining, makanan pembentuk basa melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga tidak mudah rusak. Dampak paling nyata dari sel yang terjaga adalah wajah tampak awet muda. Mata sering berkunang-kunang dan kepala pening? Jika benar kita menderita kurang darah (Hb rendah), jangan ragu makan alpukat.

Di dalam alpukat terdapat zat besi dan zat tembaga, yang berperan penting dalam pembentukan darah segar dan mencegah anemia,akibat kurang zat Magnesium besi, dan Kalsiumnya membantu menjaga kesehatan tulang.

Alpukat tidak ada yang matang di pohon. Biasanya perlu waktu 2-5 hari untuk mematangkan buah alpukat. Menyatukan alpukat dengan apel atau pisang dalam kantong akan mempercepat proses, karena buah ini mengeluarkan gas etilen yang menjadi bahanuntuk mematangkan. Saat matang, kulit alpukat akan berubah manjadi gelap.

Alpukat sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas sebelum matang. Saat matang, bisa dimasukkan ke kulkas hingga seminggu. Sebaiknya di masukkan ke kulkas dalam keadaan utuh untuk menghindari timbulnya warna coklat saat daging alpukat terpapar udara. Atau, percikan air jeruk nipis pada potongan alpukat agar warnanya tidak berubah. Simpan dalam wadah tertutup rapat.

Tinggalkan Balasan ...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s